Thursday 20 May 2010

BIOLOGI ; Sistem peredaran darah"Chepalochordata"


Chepalochordata merupakan salah satu sub fhylum dari fhylum Chordata. Chepalochordata yang berarti hewan yang memiliki notochord yg terletak di kepala. dengan kata "Chepale", yang berarti Kepala.
nah, dalam suatu event. kelompok temanQ tampil membawakan materi mengenai Chepalochordata. terussss. Dalam sesi tanya jawab, salah satu perwakilan dari kelompok lain menanyakan sistem peredaran darah pada sub phylum ini. ia mengambil contoh "Amphioxus", yg merupakan hewan dari Chepalochordata yang tidak memiliki jantung sbg alat pemompa darah keseluruh tubuh. Tim pemateri sih bilang, bahwa darah dari hewan Ammphioxus ini mengikuti gerakan tubuh dari si hewan, dan darahnya meresap dalam pembuluh darah. tapi, karena tidak ada bukti pendukung.... ya jadinya, jawaban dari pemateri di Pending sama pak Guru. menurut aku sih, si Amphioxus ini memiliki insang pembalik yg ia gunakan untuk pernapasan'y. tapi, kalo soal sistem peredaran darah nya....Q ajjah masih bingung apa jawabannya. so, pulang sekolah Q segera nanyain ke Om Google, katanya: Amphioxus tidak mempunyai jantung, darahnya tidak mengandung pigmen respirasi, tidak mengandung butir-butir darah dan tidak berwarna. Darah tidak hanya terdapat di dalam pembuluh darah, tetapi juga terdapat di dalam pembuluh limfa di sekitar jari-jari sirip, dan di dalam lipatan metapleural. selain itu, Sistem peredaran darah adalah ciri khas yang tidak dimiliki hati, dan tidak ada dalam sistem pernafasan, darah berwarna muda dan berliku-liku dalam sel yang hidup. Darah adalah penyedia, tidak hanya dalam pembuluh darah tetapi juga dalam bentuk limfa, mengelilingi sirip sinar. Dan dalam lipatan metapleural. Beberapa pembuluh darah mempunyai kesamaan, tetapi seharusnya untuk kesamaannya dengan pembuluh darah dari hewan bertulang belakang mereka adalah disebut artri atau urat darah. Pokok dari arteri mempunyai dinding otot dan aorta serta lapisan endothelial
Melayang dalam bagian rongga endostylar , di bawah tenggorokan, adalah batang dari ventral kontraktil yang memompa darah yang maju dengan kontraksi peristaltik. Di depan dan batang nadi ventral waktu mengalir kedalam kedua arteri external cerotid.
Dari aortra ventral dipasangkan cabang-cabang artteri afferent tegak dan melewati naik ke dinding kerongkongan diatas kedua bagian, cabang arteri afferent dimulai dari dilatasi kontraktil yang disebut bulbili yag mana juga memompa darah. Lalu mereka melewati takaran utama sebanyak 3 cabang dan synapticula mereka memberi 2 cabang untuk setiap takaran kedua. Mereka berbentuk perbuluh darah plexus yang menghirim nefridia, darah adalah tersimpan dari takaran dan nefridia dari penuju aorta atau sepasang pembuluh darah batang afferent. Dalam afferrent dan pembuluh darah afferent. Darah dibuka untuk arus respirasi dalam air, tetapi tidak ada bukti dari itu, pengambilan oksigen ketika tidak ada respirasi pigment dalam darah, batang pembuluh darah afferent dari setiap bagian membuka kedalam aorta dorsal lateral.
Mengambang diatas bagian dari belukar epipharingeal di aorta dorsal lateral kanan adalah semakin membesar lau satu yang kiri, setiap diteruskan di bidang mimbarnya seperti di arteri cerotid dalam. Dua aorta dorsal lateral menyatu di dekat tenggorokan untuk membentuk aorta dorsal median yang menyambung disamping notochord dan usus.
Aorta dorsal mengatur pengeluaran yang kecil. Dimulai arteri parietal untuk dinding tubuh dan usus dimana mereka membentuk plexus dalam tempat limtfa. Lalu itu terus membelakangi seperti arteri caudal di ekor.
Dari bentuk limfa dari usus besar darah adalah disimpan dalam bagian usus urat darah, dari tingkatan bagian dari kekuatan bagian usus urat darah. Dari ringkatan bagian dari kekuatan bagian usus tidak terdapat satu urat darah tetapi plexus dari pembuluh kecil, itu mengalir ke bawah usus besar, dan darah mengalir maju ke dalam. Darah darui ekor disimpan dengan urat darah caudal yang memberi plexus dari bagian usus, urat darah caudal juga memberi untuk kedua urat darah pokok selanjutnya pembuluh darah yag kecil di bagian depan di pertengahan. Usus dipersatukan untuk membentuk yang pendek, tetapi luas urat usus purtal hepatic yang mengalir terus.
Mengenai batas di pertengahan usus diverticulum dan remifies di dindingnya , demikian pembentukan sistem yang tidak melanggar perbandingan, tetapi yang memberi tanda sistem hepatic portal dari vertebrata. Pembuluh darah untuk membentuk urat darah hepatic yang pendek mengalir terus ke pingiran dorsal dari pertengahan usus dari diverticulum, urat adalah dimasukkan seperti sinus venosus dari yang menaikkan aorta ventral sepasang dari veius parietal mnyumbang diatas usus kembalinya darah dari dinding tubuh dorsal kedalam sinus venosus, sepasang urat darah transverse se kecil kembali ke darah untuk aorta ventral. Mengalir kedalam dinding tubuh di ringkatan gonad di setiap bagian cardinal muka dan kardinal urat darah selanjutnya yang mengirim darah terakhir dalam daerah yang sempit dari dinding tubuh, miotom dan gonad muka dan belakang pokok urat darah setiap memasukkan cuvieri ductus, atau keadaan yang pokok urat darah hanya di dekat kenggorokan. Dua ductus cuvierri berjalan dalam ruang terakhir di atrium untuk memberi sinus vernosus, pintu ginjal dan sistem pintu hepatic adalah absent, karena kemangkiran dari ginjal dan hati, masih sistem sirkulasi yang tersusundaoam pola vertebrta.......
yeaghhhh....... ini merupakan pengetahuan baru lagi yang Q dapat dari OM GOOGLE!!!! Thank's OM GOOGLE.... ^o^

1 comment:

  1. buat yg mau Komment, di persilahkan dengan senag hati Kokkk....... ^o^

    ReplyDelete

SILAHKAN BERI KOMENTAR BERUPA KRITIK DAN SARAN